RSS

pengen dapat pahala yang banyak??? dan pasti pengen masuk surga kan? :D

17 Jun

setiap manusia pasti akan meninggal. kalo sudah meninggal maka dia tidak lagi bisa beramal. kematian itu bukan masalah sebenarnya tapi yang jadi masalah adalah apa yang terjadi setelah kematian??? hanya ada dua opsi : surga atau neraka. oleh karena itu manusia sangat memerlukan setiap pahala yang ia dapat di dunia. mungkinkah seorang mendapatkan pahala walaupun setelah kematian? simaklah tips dari Rasul kita Muhammad sollallahu alaihi wa sallam tentang bagaimana supaya pahala mengalir walaupun orangnya udah di dalam tanah.

tentu anda pernah mendengar sabda rasul yang berbunyi :

إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاثة صدقة جارية او علم ينتفع به او ولد صالح يدعو له

artinya ” jika seorang manusia meninggal (pahala) amalnya akan terhenti kecuali 3 perkara : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, anak yang soleh yang berdoa untuk orang tuanya”

hadis ini sahih dan sangat terkenal, artinya sangat tidak asing ditelinga kita. diambil dari hadis ini maka dapat kita simpulkan 3 amalan yang akan membuat orannya terus-menerus dapet kiriman pahala walaupun sudah mati. perlu diingat bahwa 3 amalan ini mencakup wilayah yang sangat luas. kamsudnya apa? ikuti penjelasan berikut ini….

1. sedekah jariyah..

sedekah jariyah itu apa sih? jariyah secara bahasa artinya mengalir. maksudnya sedekah itu pahala mengalir terus. trus sedekah yang bagaimana yang pahalanya mengalir? ini juga menjadi pertanyaan bagi saya. setelah baca-baca, ternyata para ulama mengatakan bahwa setiap sedekah itu pahalanya akan mengalir terus. lha kok bisa? terus terang saya juga meragukan perkataan tersebut tapi setelah dipikir-pikir, bener juga ya…

coba anda sedekah ke makanan ke orang yang sedang buka puasa. maka anda akan mendapatkan pahala orang berpuasa. sudah sampe disitu? ternyata tidak. orang yang anda beri mungkin terinspirasi kemudian ikut bersedekah kepada orang berpuasa maka anda juga dapat pahala. belum lagi kalo ada orang lain melihat anda bersedekah terus jadi ikutan bersedekah. anda juga mendapatkan pahala. begitu seterusnya kayak MLM aja he he he.

berbicara tentang sedekah jariyah maka cakupannya sangat luas. penulis akan memberi contoh beberapa saja

A. Sedekah membangun masjid, berapapun yang anda sedekahkan untuk membangun masjid maka segitulah yang anda dapatkan. jika ada orang yang sholat disana maka anda mendapatkan pahala.

B. Sedekah membangun sekolah, siapapun yang belajar disana maka anda akan mendapatkan pahala.

C. Memberikan buku, setiap ada orang yang membacanya maka anda akan mendapatkan pahala. tapi jelas buku yang bermanfaat

D. Membelikan pulsa ustad untuk berdakwah. maka setiap sms yang dikirim, pahala akan menyamperi anda.

E. memberi tau teman tentang website MaherZen.Com. maka setiap ada orang yang membaca nya melalui anda maka anda akan mendapatkan pahala.

dan masih banyak lagi karena setiap sedekah itu jariyah dan setiap pemberian bisa jadi sedekah.

2. ilmu yang bermanfaat.

kita berpikir bahwa yang ke dua ini hanya didominasi oleh para ustad dan dai. padahal itu salah karena kita semua adalah dai (lha bukannya malah benar??). setiap dari kita bisa memberikan ilmu bermanfaat sesuai kapasitasnya masing-masing. misalnya seorang guru mengajarkan ilmu tauhid kepada muridnya. maka ketika muridnya mengamalkan ilmunya atau mengajarkannya kepada orang lain maka guru tersebut mendapatkan pahala. ketika orang lain tersebut mengamalkan atau mengajarkan kepada orang lain maka guru dan murid sama-sama dapet pahala. dan begitu seterusnya.

intinya ilmu bermanfaat adalah ilmu yang manfaatnya kembali kepada kemaslahatan islam. bukan hanya ilmu agama saja. bahkan ilmu-ilmu umum seperti geografi, ekonomi, biologi, fisika yang penting berguna bagi kemajuan islam maka itu termasuk ilmu yang bermanfaat.

bahkan ketika anda hanya sekedar COPAS full dari website MaherZen.Com tanpa menyebutkan sumbernya maka itu sudah menjadi amal sedekah buat saya.

3. anak yang soleh.

yang ketiga ini didominasi oleh para orang tua yang mempunyai anak. entah anak kandung atau anak adopsi. jelasnya ketika kita mendidik anak dengan benar maka setiap perbuatan soleh anak kita maka kita akan mendapatkan pahalanya. ketika anak kita mengajarkan kepada cucu kita maka kita juga mendapatkan pahalanya. begitu seterusnya. apa lagi kalo sang anak selalu mendoakan orang tuanya. sebagaimana hadis :

الدال علي الخير كـفاعله

“orang yang menunjukkan kebaikan akan mendapatkan pahala seperti yang mengerjakan”

oleh karena itu jika anda ingin yang lebih mudah maka sebarkanlah artikel ini. entah dengan ngelike atau komen di artikel ini. bisa juga melalui tautan facebook atau YM atau twitter atau media lainnya. maka anda akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya.

Sumber: http://maherzen.com/dapat-pahala-walaupun-dalam-kubur/#more-340

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 17, 2012 in Pribadi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: