RSS

kamu sulit beradaptasi dengan orang yang baru dikenal????

30 Mei

Anda mungkin saja berpikir bahwa hal ini adalah sesuatu yang agak sulit untuk dilakukan. Terutama jika bukan tipikal orang ‘sanguinis’ yang begitu mudahnya untuk akrab dan berbaur dengan orang baru. Benar sekali. Ini tidak mudah

Cara mengatasinya yaitu:

Mulailah Lebih Dahulu, Jangan Lupa  Senyum!

Ada satu hal yang mungkin perlu Anda ketahui. Sebenarnya tiap orang punya ketakutan yang sama untuk memulai percakapan dengan orang baru. Maka ketika Anda memulai pembicaraan untuk pertama kalinya, mereka akan sangat berterima kasih pada Anda walaupun tidak terucap. Mulailah dengan memberikan senyum yang tulus. Orang Indonesia itu ramah-ramah kok. Kalau kita tersenyum, sebagian besar akan membalas dengan senyuman juga. Inilah moment tepat untuk memulai percakapan.

Dari Mana Saya Harus Memulai?

Mulailah percakapan dengan mengajukan pertanyaan sederhana. memulai dengan pertanyaan yang sudah pasti jawabannya iya. Contohnya ketika di pesawat dengan penerbangan menuju Surabaya. Mulailah  membuka percakapan dengan pertanyaan, “Mau ke Surabaya ya, Mbak?”. Dan jawabannya sudah pasti iya. Herannya meski jawabannya iya, kebanyakan orang tetap saja bersemangat menjawabnya.

Kehabisan Bahan Obrolan?

Ada satu tips sederhana biar kita ngga kehabisan bahan obrolan. Apa itu? Perhatikan cerita dari lawan bicara Anda. Disana Anda bisa masuk dengan pertanyaan-pertanyaan baru dan biarkan mereka bercerita lebih banyak lagi. Kalau Anda tahu, sebenarnya orang itu suka bercerita. Kita seringkali dengan senang hati bercerita panjang lebar manakala ada orang bertanya dan memperhatikan setiap apa yang kita ceritakan, betul tidak? Seperti itulah prinsipnya.

Jangan Lupa Tinggalkan Message!

Saat Anda berbicara, cobalah sekiranya untuk menangkap profil dari lawan bicara  Anda. Katakan saja mungkin suatu saat nanti Anda akan menghubunginya. Mintalah kartu nama atau setidaknya no kontaknya. Dengan kesan yang baik saat ngobrol dan kartu nama sebagai penutup, orang akan lebih mudah ingat pada Anda.

Practice Make Perfect

Langsung lancar pertama kali? Tentu tidak. Semua butuh jam terbang. Sering-seringlah berkenalan dengan orang baru. Selain memperluas social circle Anda, aktivitas ini juga bagus untuk melatih kemampuan berkomunikasi. Jadi orang yang kemampuan komunikasinya bagus itu enak loh. Kapan pun dan dimana pun dia berada, bisa berbaur dengan mudah bersama orang lain sekalipun baru dikenal.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 30, 2012 in Sosial

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: