RSS

Mengurangi kegelisahan saat ujian

24 Mei

>Cara cara belajar yang Evektif
Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif dan hal itulah yang kadang membuat kita gelisah karena kebelum siapan kita. Ada cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif:
1.    Berusahalah untuk memahami semua mata pelajaran, bukan sekedar menghafal.
2.    Mencatat pokok-pokok pikiran
Seperti membaca, mencatat adalah keterampilan yang harus dipelajari dan disempurnakan. Mencatat pokok-pokok pikiran akan membantu kita dalam proses belajar dan mengingat pelajaran-pelajaran yang ada.


3.    Hapalkan kata-kata kunci
4.    Bangun suasana belajar yang nyaman
Setiap orang memiliki pendapat tentang suasana belajar yang nyaman. Anda bisa belajar di mana saja, beberapa tempat lebih baik daripada yang lain adalah Perpustakaan atau kamar pribadi yang terbaik. Yang terpenting tempat Anda memilih untuk belajar tidak boleh mengganggu.
5.    Pilih waktu belajar yang tepat
Paling bagus kalau kita belajar pada waktu badan masih segar. Waktu paling tepat adalah sebelum makan malam atau beberapa jam sesudahnya. Selain proses belajar akan lebih cepat, kita juga tidak perlu belajar sampai tengah malam. Atau belajar sesudah sholat subuh, karena dengan belajar dalam kondisi tersebut akan mempermudah mengingat pelajaran yang dipelajari.
6.    Bentuk kelompok belajar
Metode belajar kelompok ini efektif. Caranya, kumpulkan saja 4-5 orang teman dalam satu kelompok. Lalu, bagi rata materi yang kemungkinan akan muncul dalam tes pada setiap angota. Setiap anggota harus mempelajari materi yang sudah dipilih sampai paham, dan mengajarkan ulang pada anggota yang lainnya. Dengan cara ini, belajar kita dapat terasa semakin ringan dan menyenangkan.
7.    Sediakan waktu untuk istirahat
Karena kita akan menghadapi ujian sang sangat menentukan, jadi kesehatan juga harus di perhatikan. Seperti tidur tepat waktu, karena jika kita kurang tidur, itu akan berakibat buruk bagi kesehatan.
Tidur sebelum ujian bikin ingatan lebih kuat. Saat Anda tidur, otak menyimpan dan melakukan seleksi ingatan. Tak heran bila Anda kurang tidur, daya tahan tubuh melemah, sulit berkonsentrasi, mudah murah, sulit mengingat sesuatu.
Ada baiknya jika Anda tidak terjaga semalaman sebelum ujian dan memakai sistem kebut semalam. Belajar beberapa hari sebelumnya dan tidur cukup justru akan membuat stamina tubuh terjaga dan ingatan Anda menjadi lebih kuat. Tubuh segar, ingatan tajam, ujian lancar.
8.    Sempatkan Untuk istirahat/rekreasi
Karena dengan istirahat atau rekreasi akan menyegarkan kembali rasa penat dalam belajar. Sebetulnya otak juga tidak bisa bekerja dengan terus menerus, karena bisa membuat stres. Layaknya sebuah mesin yang selalu bekerja dengan terus menerus kakan timbul kerusakan juga. Lebih baik sempatkan waktu sebentar saja untuk istirahat atau rekreasi.

>Ketika waktu ujian tiba.
1.    Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, tipex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
2.    Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah posisi yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.
3.    Dengarkanlah petunjuk mengerjakan soal yang dibacakan oleh petugas.

>Ketika soal ujian sudah dihadapan kita.
1.    Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan
2.    Bacalah soal ujian dengan teliti
3.    Pertama, kerjakan soal-soal yang kamu mengerti, jaga konsentrasi jangan mengalihkan perhatian ditengah-tengah waktu mengerjakan soal ujian
4.    Jika kamu tidak mengetahui jawaban yang benar tetapi memiliki suatu gambaran, maka pilih atau tulislah jawaban yang kamu anggap paling baik.
5.    Jagalah urutan halaman saat mengerjakan
6.    Jangan terburu-buru
7.    Dalam ujian esay, sebelum mulai menulis, pikirkan tiap kali akan menjawabnya, aturlah pemikiran-pemikiranmu, dan dapatkan contoh-contoh yangjelas untuk gagasanmu
8.    Ulagi dan periksalah jawaban-jawbanmu
DAFTAR PUSTAKA

–    Wlodkowski, R dan Judith H. Jaynes.2004. Hasrat Untuk Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
–    http://indonesiajenius.com/artikel-ispiratif-untuk-anak-dan-dewasa-tentang-
brainwave-gelombang-otak-untuk-aktivasi-otak-tengah/1234-indonesia-jenius-training-aktivasi-otak-tengah-terbaik-ujian.htm

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 24, 2012 in Belajar

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: